A

Alat Safety Khusus di Laboratorium

Alat Safety Khusus di Laboratorium

Salah satu profesi yang mewajibkan para pekerja untuk memakai alat safety khusus adalah prosfesi menjadi pegawai laboratorium kimia. Fakta mengatakan bahwa laboratorium kimia adalah area kerja yang mempunyai risiko berbahaya yang sangat besar.

Hal ini sangatlah wajar karena di dalam sebuah laboratorium kimia, umumnya terdapat banyak bahan-bahan kimia yang berupa gas, cairan, ataupun sebuk atau material padat. Bahan-bahan kimia berpotensi mudah bereaksi apabila bersinggungan dengan bahan-bahan kimia lain dan panas.

Efeknya bisa sangat membahayakan, seperti ledakan dahsyat dan bahkan keluarnya gas beracun. Nah, alat-alat safety khusus ini dapat kita jumpai dengan mudah di berbagai toko alat safety.

Selain pegawai lab wajib mengenakan alat safety khusus, laboratorium juga wajib dilengkapi dengan alat-alat keselamatan kerja. Penasaran bukan, alat-alat safety apa saja yang wajib dipakai oleh para pegawai laboratorium? Berikut informasinya untuk Anda. 

Alat Safety Khusus Untuk di Laboratorium

Jas Laboratorium

Medical Doctor Consultation white coat with pens and stethoscope hanging on rack with off white wall in background. Horizontal layout with copy space.

Lab coat atau jas laboratorium adalah salah satu alat kelengkapan kerja yang wajib dikenakan oleh semua pegawai lab kimia. Secara umum, jas lab terbagi menjadi dua kategori, yaitu jas lab sekali pakai dan jas lab yang bisa dipakai hingga berkali-kali. Keduanya dapat dengan mudah dibeli di toko alat safety di kota mana saja.

Jas lab yang sekali pakai biasanya dirancang untuk keperluan laboratorium hewan dan biologi, sedang lab yang dapata dipakai berkali-kali biasanya hanya diperuntukan bagi para pegawai lab kimia. Nah, untuk kategori jas lab yang kedua ini, jenisnya ada cukup banyak, misal:

  • Synthetic/ cotton blends: jas lab yang berbahan 100% polyester atau bisa juga berbahan campuran katun dan polyester. Sama seperti cotton lab coat, jas lab yang satu ini biasa dipakai di lingkungan kerja lab umum
  • Jas lab 100% berbahan katun: sesuai dengan namanya, jas lab ini berbahan murni katun. Jas lab ini biasa dijumpai dan dipakai selama berada di laboratorium umum, misal laboratorium di sekolah-sekolah atau di kampus-kampus. Tapi perlu Anda ketahui bahwa jenis jas lab ini rata-rata hanya bisa digunakan maksimal 2 tahun. Setelah lebih dari 2 tahun, jas lab ini tidak direkomendasikan untuk dipakai karena berisiko mudah rusak akibat pengaruh zat-zat kimia yang bersifat asam. 
  • Flame-resistant lab coat: nah, untuk jenis jas lab yang satu ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap panas atau api karena memang keseluruhan jas telah dilapisi dengan material tahan api. Sesuai dengan kelebihannya, yaitu tahan api atau panas, jas lab ini sangat cocok dikenakan oleh pegawai lab yang lingkungan kerjanya kerap bersinggungan dengan panas atau api. Misal, lab dengan peralatan tanur bersuhu sangat tinggi, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Aplikasi Chat Paling Populer

Kacamata Safety

Ingat, ada bahan-bahan kimia tertentu yang berupa  cairan dan gas yang mana kedua jenis bahan kimia ini dapat masuk ke dalam mata dengan sangat mudah. Karena itu, pegawai lab wajib mengenakan kacamata safety yang sesuai dengan standard keselamatan. Sama seperti jas lab, kacamata safety terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Clear safety glasses adalah kacamata keselamatan biasa yang berfungsi sebagai pelindung mata dari bahan-bahan kimia yang ada di dalam lab. Kacamata keselamatan ini juga dapat melindungi kedua mata dari debu
  • Clear safety goggles adalah kacamata keselamatan yang memiliki desain khusus sehingga jauh lebih aman ketika dipakai. Karena desainnya yang sangat rapat, clear glass goggles ini sangat recommended untuk pegawai lab yang sering berada di lab kimia yang penuh dengan cairan bahan kimia atau bahan kimia yang berupa gas. 

Goggles sendiri terbagi lagi menjadi 3 sub-varian, yaitu direct vented goggles, indirect vented goggles, dan nonvented goggles. Direct vented googles hanya dapat melindungi kedua mata dari debu, bukan uap atau percikan bahan-bahan kimia. 

Indirect vented goggles berbeda dengan direct vented goggles karena kacamata pengaman yang satu ini sangat efektif untuk melindungi kedua mata dari silau cahaya dan debu. Dan sub-varian goggles yang terakhir adalah non-vented goggles yang bisa dibilang paket komplet karena dapat melindungi mata dari percikan bahan kimia, debu, dan silau cahaya. 

Sepatu Safety

Alas kaki yang digunakan juga berupa alas kaki khusus yang hanya dapat dibeli di toko alat safety. Sepatu keselamatan yang recommended untuk area dalam laboratorium kimia adalah sepatu yang tahan panas dan tahan tekanan. Dan ketika akan keluar dari lab, pegawai lab juga wajib menggunakan lapisan plastik untuk membungkus sepatu lab yang baru saja selesai dipakai. 

Selain jas lab, pelindung mata, dan sepatu safety, ada juga beberapa alat safety lainnya yang lazim digunakan oleh pegawai lab kimia. Sebut saja pelindung wajah atau face shield, masker anti-gas, kaos tangan tahan panas, dan pelindung telinga. Semua alat safety ini dapat dijumpai secara lengkap di toko alat safety. 

CategoriesLifestyle